IklanUtama

Lokasi gowes menarik dan menantang


Jika anda bosan untuk gowes di dalam kota pada saat car free day, bisa mencoba trek-trek yang menjadi favorit goweser untuk menjajal kemampuan dan nyali anda. Jalur Pipa Gas yang berada di kawasan Tangerang menjadi favorit goweser khususnya di Jakarta yang ingin mencari tantangan tersendiri. Untuk menjajal trek-trek favorit goweser, jangan lupa untuk selalu membawa perlengkapan untuk menerjang medan yang pastinya lebih kotor dibandingkan trek jalan raya.
Berikut lima trek favorit goweser di kawasan Jabodetabek:
1. Jalur Pipa Gas (JPG) Tengerang
JPG adalah salah satu MTB Park terbaik yang di miliki Indonesia. JPG memiliki lintasan sepanjang kurang lebih 6,5 km. Lintasan terbagi menjadi dua yaitu Lintasan Teknikal dan Lintasan Wisata. Lintasan Wisata dirancang bagi kebutuhan pemula dan keluarga, anak umur 5 tahun dengan sepeda roda 2 ukuran 16 inci dapat melalui jalur ini.
Sementara Lintasan Teknikal adalah lintasan yang cukup sulit dengan halang rintang alami yang menguras tenaga dan butuh skill tersendiri. Lintasan Teknikal sering di pergunakan untuk kompetisi yang diikuti oleh atlet-atlet nasional MTB.
JPG berada di antara Bintaro Sektor IX (Sekolah Jepang/Permata Bintaro) dengan BSD Sektor XIV (Nusa loka/Polsek Serpong). Atau lebih tepatnya basecamp JPG berada di Desa Lengkong Gudang Timur Jl. Astek Jombang - Tangerang Selatan Banten.
2. Trek Cihuni
Trek ini masih di sekitar Tangerang. Trek Cihuni tsebelumnya ada tiga trek bersepeda yaitu, Hill Park 1, 2 dan 3.
Saat ini hanya tinggal dua yang masih bisa dinikmati yaitu Hill Park 1 dan 3, Hill Park 2 hampir seluruhnya sudah tergusur oleh pesatnya pembangunan perumahan. Dari dua trek yang tersisa mungkin hanya Hill Park 1 yang masih bisa dinikmati.
Trek Cihuni Hill Park 1 sendiri terletak di sebuah bukit di desa Cijantra. Penduduk sekitar menyebut bukit tersebut dengan Gunung Batu. Di trek sepanjang kurang lebih empat kilometer para goweser dapat menikmati tanjakan dan turunan yang saling bersambung tanpa ada jalur landai.
Juga ada jalur roller coaster yang meskipun tidak setinggi di JPG tapi cukup menguji mental terutama untuk newbie. Trek di Cihuni Hill Park 1 telah dimodifikasi dan dikembangkan sehingga lebih menantang.
Untuk sarana tempat makan dan minum tersedia beberapa warung di tempat masuk dan keluar trek dengan menu khas lokal nasi uduk, teh jahe hangat dan tidak ketinggalan menu sop iga. Fasilitas parkir sepeda juga cukup luas.
3. Jalur Kota Bunga Cipanas-Sentul
Trek sepeda gunung dari kota Bunga Cipanas sampai Sentul. Total 48 km. Jalur tersebut adalah jalan lama yang dibangun sejak jaman Belanda. Medan jalan di dominasi jalur aspal tetapi tidak mulus, tersulit pada jalan terakhir memiliki medan tanjakan. Pemandangan jalur ini tetap menarik dinikmati.
4.JePeTe (Jalur Pinggir Tol)
Trek ini melewati jalur Depok – Cimanggis – Cikeas - Gunung Putri – Cibinong – Depok. Meskipun telah berkali-kali melewati trek ini, selalu ada perasaan gembira dan perasaan berbeda mengingat keindahan panorama sepanjang jalan. Melewati Cimanggis dan memasuki Cikeas, anda akan menemukan sebuah situ atau danau yang cukup luas yang indah. Selanjutnya, perjalanan single track akan dihadang turunan curam berupa undakan-undakan tanah yang berakhir dengan jembatan bambu kecil yang reot. Di sini, gairah untuk menikmati turunan harus diimbangi sikap hati-hati sekaligus keseimbangan tubuh. Bukan apa-apa, jembatan tersebut memiliki kemiringan yang tidak rata dan beberapa suluh bambu di bawahnya sudah hilang alias bolong-bolong!
Selepas jembatan tersebut, maka sebuah bukit langsung menghadang. Di bukit ini, banyak penduduk yang menanam tumbuhan sereh dan ada juga ladang padi gogorancah. Memasuki pedalaman Gunung Putri, anda harus melewati single track bukit tanah yang unik.
Di sisi kanan, ada tebing tanah setinggi enam hingga 10 meter, dengan derajat kemiringan 90 derajat. Sedangkan di sisi kiri ada jurang sedalam 15 meter dengan tingkat kecuraman 90 derajat. Di sini nyali adalah segalanya, mengingat single track tersebut menurun dengan tingkat kemiringan 20 derajat. Selanjutnya, anda akan keluar lagi menuju pinggir tol dan melewati kolong tol menuju Cibinong.
Meski trek ini pendek saja, kurang dari 35 km pergi-pulang, namun cukup menguras tenaga dan menawarkan pemandangan khas masyarakat pinggiran Jakarta. Sebuah rute yang pantas untuk dicoba!
5. Jalur Pipa Gas (JPG) Bekasi
Track JPG Bekasi merupakan trek yang sangat menantang. Sekitar 90% dari kontur trek ini merupakan tanah yang dipenuhi oleh rumput dikiri dan kanan.
Trek ini cocok bagi para biker pemula. Tanjakan dan turunan silih berganti menghiasi trek ini. Di trek ini pula anda disuguhkan pemandangan yang menarik, udara yang sejuk dan penduduk yang ramah.
Track ini berjarak sekitar 50 km pergi-pulang dengan start dari kawasan Grand Wisata Bekasi dan berkahir di Kota Wisata Cibubur, Bogor, kemudian kembali ke Grand Wisata Bekasi. Jika anda melewati trek ini pada jam 06.30 samapi 08.00 wib, anda akan menemui para biker yang hilir mudik, mengitari kawasan danau Cibeurum, Asem, dan Sengon.
Ada pula biker yang menuju kawasan Kota Wisata dan ada pula yang hanya berputar disekeliling danau. Sekedar info tambahan bahwa track ini sangat licin jika terkena air, jadi hati-hati dan siap-siap bawa safety kit.
Inilah 10 Trek yang wajib didatangi bagi para komunitas sepeda MTB yang dikutip dari majalah Ridebike:
Trek Sibolangit, terletak di Sumatera Utara berjarak 75 km dari Medan.
Trek Ngarai Harau, terletak di kabupaten 60 Koto, Dicapai dari Padang dengan lewati Bukittinggi menuju arah Payakumbuh.
Trek Cibereum – Godok, terletak dekat kota Garut dengan dua lintasan yang memiliki jenis tanah yang berbeda.
Trek Kaldera Gunung Tambora, terletak di Gunung Tambora, Sumbawa denga kaldera raksasa yang melegenda.
Trek Gunung Krueng, trek untuk penggemar DownHill yang terletak di kota Cilegon.
Longhorn Bike Park, terletak di desa Cidokom, Bogor, Jawa Barat.
Trek Walini, perkebunan teh milik PTPN terletak di desa Sindang Laut, Purwakarta Jawa Barat
Jalur Palasari, dengan julukan trek neraka dari Bandung Timur.
Trek Situ Gunung, drop off di hutan, turunan curam di kebun teh, terletak di kaki Gunung Pangrango, kec Kadu Dampit, Sukabumi.
Trek Bukit Turgo, ‘beware of celeng balap’ salah satu rambu yang dipasang di trek tersebut yang terletak di kawasan awas Gunung Merapi.